1. PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar
Pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk
melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang
pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya
dipasar melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain
Lain.
Pemasaran
Pengertian Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai
barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
2. JENIS-JENIS PASAR
Segi Fisik
- Pasar nyata yaitu merupakan
pasar yang pembeli dan penjualnya bertemu secara pada suatu
tempat tertentu.
- Pasar abstrak yaitu pasar yang
tidak harus bertemu di suatu tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat
bertemu ditempat yang sudah di sepakati
Segi Barang yang diPerjualBelikan
- Pasar barang konsumen yaitu
barang yang dapat lang sung di gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
- Pasar faktor produksi yaitu
pasar yang memperjual belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran
produksi contohnya pasar tenaga kerja
Segi Luas Kegiatan Distribusi
- Pasar local yaitu pasar yang
pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebut,maka penjual dan pembeli
terbatas pada orang orang tersebut.contohnya pasar geplak di daerah
bantul.
- Pasar nasional yaitu passer
yang pemasarannya meliputi sluruh dearah dalam suatu Negara.
- Pasar internasional yaitu pasar
yang jangkauanya melebihi satu negara
Segi Waktu Kejadian
- Pasar harian yaitu pasar yang
terjadi tiap hari
- Pasar mingguan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih seminggu satu kali
- Pasar bulanan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih sebulan satu kali
- Pasar tahunan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih setahun sekali
3. KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan,
produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan
pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan
dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan
dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik
terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah
keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan
kesediaan untuk membelinya.
4. MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai
jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.
Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada
konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen
mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta &
Handoko, 1982). Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalahpenganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan(Kotler, 1980). Perusahaan yang sudah mulai mengenal
bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan
mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan
falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran"
5. BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P
yakni
- Product (Produk)
- Price (Harga)
- Place (tempat, termasuk
juga distribusi)
- Promotion (Promosi)
6. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
1. Memaksimalkan konsumsi
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
3 memaksimalkan kualitas hidup
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
3 memaksimalkan kualitas hidup
6. PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
Pemasaran tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk
didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu
lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari
pemasaran, pendekatan Seba Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu
: pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan
resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba
Lembaga Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran,
misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang
(Pendekatan Organisasi Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari
produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan
serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Nama : Yudo Trilaksono
Kelas : 1EB04
NPM : 29213550
Jam : 19:30
Daftar Pustaka:
nice! your blog is ery lovely and interesting im glad if you visit my blog, too <3 keep in touch!
ReplyDeletexx
beauthi.blogspot.com
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletethx, hay thi i've been following your blog, please follow back blog me :)
ReplyDelete